Cara Meningkatkan Performa Android agar tidak Lemot

Cara Meningkatkan Performa Android Menjadi Lebih Cepat dan Responsif
Banyak sekali yang beranggapan bahwa performa sistem operasi Android lama kelamaan menjadi lambat dan kurang responsif. Hal ini tentunya akan mengakibatkan kurang nyaman ketika kita mengoperasikan perangkat Android. Sistem bawaan dari berbagai aplikasi terbaru Android disinyalir merupakan penyebab utama dari menurunnya kinerja Android. Selain itu, lambatnya kinerja Android juga bisa diakibatkan oleh aplikasi chatting (seperti BBM, WhatsApp dll) yang notifikasinya muncul hampir setiap saat. Sebenarnya masalah ini dapat diakali dengan beberapa langlah atau cara meningkatkan performa Android agar menjadi lebih cepat dan responsif seperti diulas berikut ini.

agar android tidak Lemot

Mematikan Animasi Pada Android
Mematikan semua animasi yang terdapat pada sistem Android dapat menjadi pilihan ideal terutama bagi pengguna gadget Android kelas menengah ke bawah. Dengan kemampuan memori dan prosesor yang pas-pasan, tentunya animasi pada Android hanya akan membuat performa sistem menjadi lelet. Cara mematikan animasi di Android adalah masuk ke menu Settings => Developer Options => Window Animation Scale => Animation Off. Setelah itu, pilih opsi Transition Animation Scale => Animation Off. Selanjutnya, pilih opsi Animator Duration Scale => Animation Off.

Membersihkan Cache Aplikasi
Pada dasarnya sistem cache pada sebuah aplikasi memiliki fungsi utama untuk mempercepat proses pada sistem operasi Android. Akan tetapi file-file pada cache tersebut nantinya hanya akan memenuhi memori perangkat Android. Untuk sistem operasi versi Android 4.2 ke atas, sudah terdapat fitur bawaan untuk menyelesaikan masalah cache ini. Caranya dengan masuk ke menu Settings =>Storage. Kemudian cari opsi “Cached data” dan pilih “OK” untuk membersihkan cache data dari sistem Android.

Optimasi RAM Android
Random Access Memory (RAM) adalah yang bertanggungjawab terhadap performa lemot yang terjadi pada kebanyakan perangkat Android kelas menengah ke bawah. Berbeda dengan prosesor, RAM ini untungnya masih bisa dioptimalkan tanpa harus melakukan proses root terlebih dulu. Aplikasi yang sedang berjalan di OS Android ternyata tidak langsung terhapus dari RAM ketika aplikasi tersebut dimatikan. Hal inilah yang kemudian menjadi penyebab performa Android menjadi lambat. Cara mengeceknya adalah dengan membuka menu Settings=>Apps=>Running dan disana akan terlihat sejumlah aplikasi yang sedang menggunakan RAM Android. Untuk mengelola atau optimasi RAM, bisa dengan memasang aplikasi Clean Master dan DU Speed Booster yang sudah banyak direkomendasikan oleh pengguna Android di seluruh dunia.

Sebagai kesimpulan, untuk memperoleh performa Android secara optimal memang akan memerlukan spesifikasi hardware yang tinggi. Namun, dengan mematikan semua animasi, membersihkan cache aplikasi (file sampah), mengoptimalkan penggunaan dan kinerja RAM bisa menjadi solusi yang efektif selain mengganti ponsel Android kelas menengah ke bawah. Demikian ulasan tentang cara meningkatkan performa Android yang dapat dilakukan oleh siapapun dengan mudah dan semoga bermanfaat.

Cara Meningkatkan Performa Android agar tidak Lemot Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yoga Wahyu Aji

1 comments:

  1. Saya sebenarnya masih bingung gan dengan animationnya... Apakah fungsinya hanya untuk sistem atau saat kita menjalankan aplikasi... Dan apa dampaknya ketika kita mematikan windows dan transition animation scale, serta animator duration scale??? Btw makasih untuk tutornya

    BalasHapus