Micro SD Seperti Apa Yang Harus Saya Beli ? Untuk Pemula Android

Setelah Anda membeli smartphone, penting untuk anda mengambil beberapa langkah awal untuk membuat smartphone menjadi lebih baik lagi. Salah satu langkah adalah dianjurkan membeli kartu mikro SD untuk Android Anda di mana Anda dapat menyimpan data pada kedua memori internal dan external. Banyak sekali berbagai jenis kartu yang bisa anda beli atau pilih, pastinya anda ingin memilih salah satu yang tidak akan membuat berantakan data dalam smartphone anda.

Untuk itu jangan khawatir! Hari ini, kami akan membantu Anda membuat pilihan yang tepat. Kata SD singkatan dari Secure Digital dan mengacu pada format kartu yang diciptakan oleh Panasonic dan kemudian dikembangkan dengan SanDisk dan Toshiba Corporation di sebuah asosiasi yang didirikan pada tahun 2000: SD Card Association diciptakan dengan tujuan menetapkan standar kartu memori untuk digunakan baik dalam perangkat portabel.

Dimana Kartu SD Berasal?

Kartu SD mulai dikenal publik pada tahun 2001 yang digunakan dalam kamera digital, smartphone, laptop, konsol game, PDA, dll. Dikombinasikan dengan ukuran kecil ( 32 x 24 x 2.1mm ) dan kualitas ketahanan yang baik membuat kartu SD sangat praktis untuk menyimpan memori. Ada beberapa model yang didasarkan pada dua jenis kecepatan: kecepatan normal dan kecepatan yang lebih tinggi lain yang menawarkan transfer data pada tingkat yang lebih cepat. Mari kita lihat lebih dekat micro SD, SDHC dan SDXC dan melihat mana yang kompatibel dengan perangkat terbaru di luar sana, seperti smartphone Android Anda sendiri misalnya. Jangan dibingungkan antara SD internal SD card. Ada banyak orang yang percaya bahwa SD selalu mengacu pada memori eksternal, namun pada kenyataannya, itu juga dapat digunakan untuk menghubungkan dengan hard drive.


Kartu Microsd
Ini adalah kartu SD yang berukuran kecil ( 15 x 11 x 1 mm ) sehingga sangat cocok untuk smartphone dan perangkat portabel lainnya. Kartu SD ini memiliki kapasitas 128 MB 2GB yang system kerjanya menggunakan card reader. Kapasitas penyimpanan Kartu SD saat ini adalah sangat sedikit atau minimal, sehingga jumlah yang menggunakannya telah menurun.

Kartu SDHC
Penambahan kata HC adalah untuk mengacu pada makna “Kapasitas Tinggi”. Ukurannya memungkinkan dalam mengelola atau transfer file yang lebih besar, yang berkisar antara kapasitas dari 4 GB hingga 64 GB dan menjadi pilihan yang paling umum saat ini. Satu-satunya kelemahan Kartu SDHC yaitu tidak kompatibel dengan SD dari sebelum tahun 2008.

Kartu SDXC
Kata XC berarti “Extended Capacity” yang menawarkan penyimpanan yang paling besar mulai dari 64 GB hingga 2 TB (2000 GB ). Kartu ini kompatibel dengan SD, SDHC dan SDXC unit dan perangkat lainnya.

Tips Kecepatan

Kartu Micro SD biasanya memiliki nomor pada kartunya, seperti yang kita lihat di sini memiliki 4. Hal ini mengacu pada tingkat kecepatan. Angka-angka tersebut secara berpasangan mulai dari 2 sampai 10 sesuai dengan minimal kecepatan transfer yang didukung oleh SDHC atau kartu SDXC. Sebagai contoh, 2 berarti memiliki kecepatan minimal 2 MB per detik, kelas 4 minimal 4 MB per detik dan seterusnya. Untuk penggunaan sehari-hari pada sebuah smartphone Android, cukup dengan menggunakan salah satunya yaitu kecepatan 6.

Bagaimana Cara Menggunakan Kartu SD?

Ini cukup sederhana: Anda hanya memasukkan kartu ke dalam slot yang sudah dirancang pada smartphone Anda dan tunggu sampai perangkat mendeteksinya. Sangat dianjurkan ketika anda ingin memasukkan atau mengeluarkan kartu dipastikan dengan smartphone dalam keadaan mati. Dalam kartu SD, Anda dapat menyimpan data, gambar, aplikasi dan banyak lagi. Jika perangkat Anda tidak memungkinkan Anda untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD, maka bias menggunakan Link2SD (dengan sumber) atau AppSD (tanpa sumber).

Singkatnya, memilih SDHC atau kartu SDXC dengan kapasitas antara 16 atau 32 GB tergantung pada bagaimana Anda akan menggunakannya. Merek tidak penting selama Anda tetap dengan yang paling bisa diandalkan (SanDisk, Kingston, PNY ...). Cobalah untuk menghindari kartu low-end karena itu tidak bisa diandalkan dan membuat data hilang. Jika Anda ingin yang lebih besar maka membeli SDXC karena smartphone Anda kompatibel dengan format ini.

Micro SD Seperti Apa Yang Harus Saya Beli ? Untuk Pemula Android Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yoga Wahyu Aji

0 comments:

Poskan Komentar