5 Hal yang Harus dipertimbangkan sebelum Membeli Ponsel Android

Banyak orang yang sering merasa kecewa setelah memberi smartphone berbasis Android. Kebanyakan alasan dari kebanyakan orang tersebut adalah karena smartphone mereka lambat, baterainya cepat habis, sinyal sering hilang, bahkan belum dapat beberapa bulan smartphone mereka sudah rusak atau error. Ada kalanya seseorang ketika ingin membeli smartphone memiliki list dan review terlebih dahulu tentang kelebihan dan kekurangan smartphone tersebut.

Sebelum membeli ponsel berbasis android ada kalanya kita memperhatikan beberapa sector yaitu; sector RAM, sector ketahan daya (baterai); sector layar, sector memori penyimpanan, dan juga sector prosesor yang sangat penting. Dari beberapa sector tersebut nantinya dapat diketahui kualitas smartphone yang kita beli. Berikut ini penulis sajikan cara membeli ponsel android supaya tidak merasa kecewa setelah membeli ponsel tersebut.

Perhatikan RAM

RAM merupakan jalan dimana semua aplikasi yang telah diinstal dapat berjalan dengan semestinya. Terkadang sebuah ponsel android sering mengalami force close ketika membuka aplikasi yang berat, dari sini bisa dikatakan bahwa RAM ponsel kita tidak mencukupi untuk menjalankan aplikasi tersebut. Pastikan jika kalian ingin membeli sebuah smartphone Android pilihlah RAM yang kapasitasnya minimal 1GB. Karena dengan RAM tersebut setidaknya kita tidak memiliki kendala ketika membuka beberapa aplikasi. Selain itu, saat ini dipasaran juga sudah ada Android dengan kapasitas RAM yang mumpuni sekitar 2GB, dan 4GB.

Pilihlah jenis Layar dan Ukuran layar yang baik

Saat ini beberapa produsen smartphone sudah menyediakan jenis layar yang dapat mengurangi radiasi ke mata sehingga nantinya diharapkan para konsumen bisa bermain dengan gadgetnya tanpa takut merasakan sering pusing. Untuk ukuran layar ponsel android memang macam-macam ada yang 4inc, 5inch, 6inc, dan banyak ukuran beragam lainnya. Namun ketika ukuran layar android sudah besar ada kalanya juga harus dilengkapi dengan kualitasnya seperti sudah termasuk jenis layar yang IPS atau kalau bisa super amoled yang sudah dilengkapi dengan Full HD. Spesifikasi yang sedemikian rupa akan menjadikan layar smartphone semakin real atau nyata dan jernih, serta tidak menguras baterai dan memiliki respon yang cepat.
kapasitas Ram android

Perhatikan kapasitas daya baterai

Terkadang banyak orang yang mengeluhkan tentang baterai yang sering habis. Pada dasarnya setiap produsen ponsel sudah melakukan penelitian tentang daya tahan suatu smartphone dengan keadaan penggunaan sewajarnya, oleh karena itu tak heran bila hasil penelitian mereka berbeda dengan keadaan di lapangan. Jadi bagi Anda yang ingin membeli smartphone pastikan daya baterai sudah lebih dari 2000mAh dan berjenis Li atau lithium. Semakin tinggi kapasitas mAh suatu baterai maka semakin lama pula daya tersebut dapat menyokong suatu ponsel. Akan tetapi kembali pada diri kita sendiri, cepat habisnya baterai juga tergantung pada penggunanya. Be a smart user!
kapasitas daya baterai

Sector penyimpanan

Sector penyimpanan sangatlah penting kita perhatiakan, karena dengan kapasitas yang besar kita dapat menyimpan banyak file tanpa takut kehabisan ruang penyimpanan. Saat ini sudah banyak para produsen ponsel baik local maupun nonlocal yang sudah memberikan kapasitas penyimpanan internal sebesar 8GB ada juga yang 8GB bahkan sampai 64GB. Semakin tinggi kapasitasnya maka semakin mudah kita menyimpan file tanpa perlu repot memindah-mindah. Kapasitas itupun nantinya masih bisa ditambah lagi dengan memori eksternal.
penyimpanan android

Penting! Pilihlah jenis prosesor yang mumpuni

Pemilihan jenis prosesor sangat mempengaruhi kualitas suatu devices. Smartphone dengan prosesor yang sudah quad cores (empat inti) tentu kinerjanya lebih bagus daripada yang dual cores (dua inti). Tak hanya itu jenis prosesor pun beraneka ragam mulai dari NVIDIA Tegra, Qualcom, MTK sampai Intel. NVIDIA Tegra terkenal dalam menampilkan detail grafis yang mengagumkan, Qualcom terkenal karena banyak para produsen smartphone yang menggunakannya, sedangkan MTK selain murah juga memiliki kualitas yang mumpuni, apalagi Intel yang sudah sangat terkenal dalam pengembang prosesor PC memiliki kelebihan dalam hal kinerjanya yang luar biasa.
prosesor untuk android

Jadi, ponsel apa yang akan kamu beli?

5 Hal yang Harus dipertimbangkan sebelum Membeli Ponsel Android Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yoga Wahyu Aji

0 comments:

Poskan Komentar