Review Spesifikasi BlackBerry Priv, Harga Premium, Keamanan Premium

BlackBerry resmi meluncurkan ponsel Android pertamanya, BlackBerry Priv di Asia Kamis (28/1). Ponsel ini adalah bentuk dari komitmen pabrikan asal Kanada tersebut untuk kembali merajai pasar ponsel seperti ketika masih bernama Research In Motion (RIM). Dominasi Android dan iOS di pasar ponsel pintar memang telah menelan korban seperti Nokia yang memakai Symbian dan BlackBerry yang menggunakan sistem operasinya sendiri.

CEO BlackBerry, John Chen mengungkapkan transformasi radikal yang akan dilakukan perusahaannya, yakni meninggalkan sistem operasi BB OS klasik mereka dan beralih ke sistem operasi yang lebih mumpuni. BlackBerry 10 dianggap gagal memenuhi harapan mereka dan karenanya, Priv pun meluncur demi mengembalikan harapan raksasa yang dikenal akan sistem perpesanannya tersebut.
Tampilan BlackBerry Priv. Sumber: GSM Arena

BlackBerry yang telah menunggu lama untuk untuk meluncurkan perangkat Androidnya  dalam waktu yang tepat akhirnya memperkenalkan ponsel ini di India. Sebelumnya, Priv sudah lebih dahulu ditawarkan di Malaysia dan Hong Kong dengan sistem pre-order. Kami akan mengulas spesifikasi BlackBerry Priv luar dalam pada artikel dibawah ini.

Sekilas, Priv tampak seperti ponsel layar sentuh lainnya, dan memang, Andapun dapat menggunakannya tanpa sadar bahwa perangkat ini juga punya papan ketik geser dibagian bawahnya. Papan ketik fisik ini dipoles dengan sangat cantik oleh BlackBerry, dengan ukuran yang ringan dan tipis. Cukup mengagumkan mengingat kapasitas baterainya yang mencapai 3410 mAh.

Papan ketik BlackBerry Priv memiliki rancangan yang mirip dengan zaman BlackBerry yang dulu pernah populer di Indonesia. Ketika digunakan pertama kali, Anda akan langsung merasa nyaman karena pembawaannya yang empuk. BlackBerry juga menyunting beberapa pengaturan untuk membuat navigasi layar menjadi lebih mudah ketika Anda menggunakan papan ketiknya. Contohnya, menyapu papan ketik untuk menggeser layar di menu utama.

Ponsel ini berjalan diatas Android 5.1.1 Lollipop dan memiliki desain antarmuka yang serupa dengan buatan pabrikan Android pada umumnya. Konsep BlackBerry Hub yang diadaptasi dari BlackBerry 10 juga ikut diusung dalam perangkat ini.

Dengan layar 5,4 inci, Priv mengusung resolusi Quad HD (2560x1440 piksel) dengan prosesor berkecepatan 1,44 GHz dan RAM 3GB. Kamera belakang dan depannya masing-masing terhitung di angka 18 dan 2 megapiksel. Kapasitas penyimpanan internalnya terhitung di angka 32GB.

Meski Android versi pengembangan BlackBerry adalah buatan sendiri, namun Google Play juga disediakan dalam Priv. Jadi, pengguna dapat memasang aplikasi Android apa saja dari toko Play. Sayangnya pihak BlackBerry mengatakan pengguna tidak diperbolehkan menginstal aplikasi dari pihak ketiga atau sumber yang tidak dipercaya.

Seperti namanya, Priv mengandalkan privasi sebagai daya tarik utamanya. BlackBerry banyak mengembangkan sistem operasi Androidnya supaya lebih aman. Salah satunya adalah dengan aplikasi bawaan yang diberi nama DTEK, yang memberi Priv status perlindungan secara penuh. Bisa dikatakan, aplikasi ini adalah musuh pemerintah yang ingin memata-matai ponsel.

Aplikasi ini dapat mengawasi sumber daya yang digunakan setiap aplikasi dan mencatat waktu serta tanggalnya. Jadi, Anda dapat mengindentifikasi gerak-gerik mencurigakan yang diperlihatkan oleh aplikasi tertentu sehingga lebih berhati-hati.

Harga BlackBerry Priv di India ditawarkan dengan angka 62,990 rupee. Sementara di Malaysia, perangkat ini dijual secara pre-order dengan harga 3,559 ringgit, atau sekitar 11,7 juta rupiah.

Review Spesifikasi BlackBerry Priv, Harga Premium, Keamanan Premium Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Autonomyca

0 comments:

Poskan Komentar