Review Coolpad Note 3 Lite, Ponsel Murah Dengan Kamera Profesional

Coolpad, pabrikan Tiongkok yang masih merangkak demi mendapat potongan kue pasar smartphone di negara-negara berkembang seperti Indonesia dan India, baru saja mengumumkan varian Coolpad Note 3 Lite yang merupakan versi lebih kecil daripada aslinya. Model “Lite” ini dikembangkan khusus di India, hasil kerjasama dengan Videocon dan dihargai sekitar $100 atau 1,39 juta rupiah.

Seperti namanya, Coolpad Note 3 Lite adalah ponsel yang menyasar pasar bawah. Namun bukan berarti perangkat ini tidak memiliki spesifikasi yang dapat diandalkan. Beberapa jeroan yang dipasang di dalamnya dapat dibandingkan dengan spesifikasi ponsel kelas menengah pada umumnya. Meski tidak sekuat versi orisinilnya, Note 3 Lite punya beberapa poin positif yang patut diperhitungkan. Perangkat ini juga adalah salah satu ponsel berfitur sidik jari paling murah di pasaran.
Coolpad Note 3 Lite. Sumber: NDTV
Dari segi rancangan fisik, bodi Coolpad Note 3 Lite tergolong biasa saja. Dengan bahan polikarbonat, Coolpad menyematkan bahan senyawa besi di bagian pinggirannya. Perangkat ini berdimensi 140,8 x 70,4 x 8,9 mm, dan dapat digenggam dengan satu tangan. Tombol daya dan volumenya berada di sebelah kanan. Papan ketiknya menggunakan Google Keyboard untuk memudahkan Anda yang berjari-jari besar.

Meski casing belakangnya bisa dicabut, namun baterainya terpasang secara permanen. Perangkat ini mengusung dua lubang micro SIM 4G LTE. Lubang pengeras suara ditempatkan di bagian belakang bawah, sementara sensor sidik jarinya tepat dibawah lensa kamera.

Dari segi layar, Coolpad Note 3 Lite mengusung lebar 5 inci dengan resolusi HD (1280x720 piksel). Layarnya memiliki kepadatan piksel sebesar 293 ppi dan jarak pandang 178 derajat. Meski resolusinya tidak setajam ponsel papan menengah, namun cukup sebanding mengingat harganya.

Di bagian dapur pacu, ada prosesor MediaTek MT6735 empat inti, 64 bit, berkecepatan 1,3GHz yang dipasangkan dengan kartu grafis Mali T-720 dan RAM LPDDR3 sebesar 3GB. Karena RAM-nya yang besar, berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya juga menjadi lancar. Desain antarmuka Cool UI versi 6.0 yang didasarkan pada sistem operasi Android 5.1 Lollipop juga cukup ringkas. Coolpad saat ini sedang menyiapkan pembaruan menuju Marshmallow 6.0.

Untuk urusan fotografi, ada beberapa fitur yang patut diperhatikan. Kamera belakang dengan resolusi 13 megapiksel memiliki bukaan lensa f/2.0 dan dapat dengan cepat menangkap gambar bahkan dalam keadaan cahaya minim sekalipun. Meski gambar yang ditangkap pada pencahayaan buatan cenderung memiliki efek licin ketika diperbesar, namun tidak akan menganggu pengguna yang menggunakan kamera ini untuk kegiatan sehari-hari.

Diluar pengaturan foto dan video pada umumnya, Note 3 Lite juga mengusung mode Pro yang memungkinkan pengguna mengatur bukaan, kadar ISO, kecerahan, dan pengaturan warna. Ketika berpindah ke Pro Mode, layarnya yang menunjukkan tombol melingkar layaknya ponsel pintar Nokia pada umumnya. Filter gambar seperti Mono, Calm, Memory, Fresh, dan sebagainya juga ikut disematkan dalam fitur kamera perangkat ini. Sensor sidik jari di bagian belakang perangkat juga dapat berfungsi sebagai tombol pengambil gambar, yang berguna terutama ketika mengambil foto selfie. Kamera depan 5 megapikselnya meski kesulitan untuk mengambil gambar di pencahayaan gelap, namun cukup memuaskan.

Coolpard Note 3 Lite mengusung baterai 2500 mAh permanen yang diklaim tahan selama 10 jam pemakaian penuh. Secara keseluruhan, ponsel ini layak untuk dibeli mengingat harganya yang cukup murah dan dapat dijangkau oleh pengguna awam.

Review Coolpad Note 3 Lite, Ponsel Murah Dengan Kamera Profesional Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Autonomyca

0 comments:

Poskan Komentar