Review Spesifikasi Smartwatch Motorola Moto 360 Generasi Kedua

Sudah lebih dari setahun sejak Google pertama kali mengeluarkan Android Wear. Namun, perangkat arloji pintar ini masih gagal menggoda pengguna ponsel untuk mulai beramai-ramai menggunakannya. Pangsa pasarnya pun secara keseluruhan masih rendah, yakni 11,3 persen diantara total penjualan arloji pintar di seluruh dunia. Moto 360 versi awal adalah perangkat yang Android Wear yang paling populer.

Motorola secara terang-terangan ingin mengangkat kesuksesan 360 lebih tinggi dengan mengeluarkan generasi keduanya. Dengan harga sekitar 4 juta rupiah, perangkat terbaru ini sedikit banyak mirip dengan pendahulunya, namun memiliki beberapa fitur kunci yang diperbarui. Simak review spesifikasi smartwatch Motorola Moto 360 terbaru berikut ini.
Motorola Moto 360 Generasi Kedua. Sumber: Android Authority
Salah satu kunci kesuksesan Moto 360 versi awal adalah desainnya yang mengusung bentuk bulat. Hal ini membuatnya tampak lebih elegan, klasik, dan mewah ketimbang arloji pintar buatan pabrikan lainnya. Untungnya, Moto 360 generasi kedua tetap mengusung bentuk serupa, dengan ketebalan 11,4 mm. Relatif besar memang, namun diharuskan karena banyak spesifikasi komponen yang harus dipasang di dalamnya.

Salah satu keluhan pelanggan yang sering dijumpai adalah garis hitam pada bagian bawahnya, yang dijuluki “Ban Datar.” Garis hitam ini masih terlihat di Moto 360 generasi kedua, sehingga layarnya tidak terlihat bulat secara sempurna. Motorola berkilah bahwa garis hitam ini diperlukan untuk mengaktifkan sensor pencahayaan yang memungkinkan perangkat untuk mengatur kecerahan secara otomatis. Entah Motorola berbohong atau tidak, namun nyatanya perangkat pesaing seperti LG Watch Urbane mengusung layar bulat sempurna dengan ketebalan yang lebih tipis.

Moto 360 generasi kedua mengusung layar LCD 1,37 inci IPS, dengan kepadatan piksel 263 ppi. Sedangkan varian dengan ukuran yang lebih besar, yakni 1,56 inci, memiliki kepadatan piksel 233 ppi. Layarnya sangat tajam dan dapat terlihat jelas walaupun terpapar sinar matahari langsung. Responsivitasnya pun sangat cepat dan dapat mendeteksi setiap jenis pergerakan pergelangan tangan untuk membuat tindakan yang diperlukan. Sensor pencahayaan otomatisnya akan bekerja sendiri namun dapat dinonaktifkan jika Anda tidak menginginkannya.

Model Moto 360 generasi kedua datang dalam lima jenis varian. Empat diantaranya ditujukan untuk pria, sementara satunya lagi wanita. Dengan harga 4 juta, pengguna dapat membeli varian 42 mm dengan lengan kulit coklat, hitam, dan varian untuk wanita dengan warna kulit kemerahan. Sementara untuk harga 4,6 juta pengguna dapat mendapatkan varian 46 mm dengan lengan arloji besi. Satu-satunya perbedaan model pria dan wanita adalah jarak antara pelat sambung yang lebih dekat, dan ukuran kedua tali yang lebih pendek. Pengguna dapat mengganti lengan jam bila diinginkan.

Moto 360 generasi kedua sudah bersertifikasi IP67 sehingga tahan terhadap air. Meski begitu, bahan lengan jam yang terbuat dari kulit mengharuskan Anda untuk berhati-hati di kala hujan.


Di bagian spesifikasi, ada Android 5.1.1 Lollipop yang jauh lebih ringkas ketimbang pendahulunya. Fitur kunci dalam perangkat ini diantaranya adalah navigasi dengan menjentikkan tangan untuk mengaktifkan perangkat dan melihat pemberitahuan. Ada cinema mode yang mencegah layar berpindah tanpa disengaja. Informasi status perangkatpun semakin akurat dan lengkap. Anda dapat mengendalikan sebagian besar pengaturannya lewat ponsel baik Android dan beberapa perangkat iOS.

Review Spesifikasi Smartwatch Motorola Moto 360 Generasi Kedua Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Autonomyca

0 comments:

Poskan Komentar