Review Spesifikasi Acer Liquid Z630s, Ponsel Menengah Bawah Yang Kokoh

Setelah beristirahat cukup lama, Acer kemudian langsung menggebrak dengan meluncurkan dua perangkat sekaligus. Raksasa asal Taiwan ini pada kuartal akhir 2015 silam resmi menjual Liquid Z530 dan Liquid Z630s yang pertama kali dipamerkan di acara IFA 2015. Namun kali ini, kami khusus akan membahas Z630s yang lebih mumpuni, dan menyasar kalangan menengah bawah, serta langsung bersaing dengan pabrikan sesama Asia Timur seperti Lenovo, Motorola, dan Asus. Jadi, apakah yang menjadi kelebihan dari ponsel ini? Simak ulasannya dalam review spesifikasi Acer Liquid Z630s berikut.

Liquid Z630s memiliki desain yang tampak seperti tekstur batu kerikil dengan garis landai dan sudut melengkung. Hal ini mengingatkan kita akan desain Galaxy S3 era 2012. Tampilannya cukup menarik untuk ponsel sekelasnya dan nyaman digenggam. Di bagian belakang ada tekstur semacam besi sehingga tidak meninggalkan bekas tangan. Di bagian belakang pengguna akan menemukan lingkaran pada sensor kameranya dan logo Acer sendiri.
Acer Liquid Z630s. Sumber: GSM Arena
Layarnya mengusung lebar 5,5 inci dengan teknologi Acer Lumiflex yang dapat diaktifkan via Pengaturan perangkat. Acer merancang teknologi ini untuk meningkatkan kualitas tampilan saat terpapar sinar matahari. Meski begitu tidak ada perbedaan mencolok ketika fitur ini aktif maupun nonaktif. Sebagai lapisan perlindungan, ada Asahi Dragontail. Sayangnya, resolusinya masih mengusung HD (720p) sehingga kepadatan pikselnya terasa kurang detail bila dibandingkan perangkat 2015-16 lainnya.

Secara keseluruhan, Liquid Z630s memiliki rancangan yang kokoh dengan estetika desain yang baik. Ketebalannya terhitung di angka 8,9 mm dan berbobot 165 gram. Karena memiliki bezel yang relatif tebal, kebanyakan pengguna akan sulit menggenggamnya dengan satu tangan.

Review Spesifikasi Acer Liquid Z630s


Acer Liquid Z630s mengusung prosesor MediaTek MT6753 delapan inti dengan kecepatan 1,3 GHz. Adapun RAM-nya dipatok di angka 3GB, dan kapasitas penyimpanannya memiliki besar 32GB yang dapat dilipatgandakan dengan bantuan microSD. Konektivitas yang diusung diantaranya adalah Wi-Fi, Bluetooth 4.0, USB-OTG, dan GPS. Kedua lubang SIM-nya mendukung jaringan 4G LTE.

Di bagian desain antarmuka, pengguna akan melihat Liquid UI khas Acer yang merupakan versi perombakan ekstrim dari Android Lollipop 5.1. Untungnya Acer menyematkan sistem folder/lemari untuk meluncurkan aplikasinya. Beberapa aplikasi mini seperti kalender, pencatat, dapat ditindih satu sama lain sehingga terasa seperti menjalankan jendela desktop. Sayangnya, ukuran jendela aplikasi tersebut tidak bisa diubah, meski transparansi tampilannya dapat diatur dari pengaturan aplikasi.

Kamera Acer Liquid Z630s


Untuk urusan fotografi, ada kamera belakang beresolusi 8 megapiksel yang dapat mengambil mode gambar mulai dari HDR, panorama, multi-angle, dan menambahkan efek warna. Andapun dapat mengambil video gambar putus. Namun patut diperhatikan bahwa ketika mengambil gambar di kondisi penerangan gelap, hasilnya tampak sedikit kabur dan berbintik.

Memang, resolusi 8 megapiksel dengan harga demikian terasa kurang karena sebagian besar ponsel dengan harga serupa mengusung kamera 13 megapiksel. Inipulalah yang menjadi pertimbangan sebagian pengguna.

Meski ditenagai dengan baterai berkapasitas 4000 mAh, namun anehnya durasi pemakaiannya hanya bertahan selama 13 jam 10 menit. Jauh lebih singkat bila dibandingkan dengan Xiaomi Redmi Note 3 misalnya yang dapat bertahan seharian dengan kapasitas baterai serupa.

Kesimpulan


Secara keseluruhan, Acer Liquid Z630s adalh perangkat yang memiliki kelebihan sekaligus kelemahan. Desain dan rangkanya tergolong kokoh, dan desain antarmuka yang menarik. Dengan harga sekitar Rp 2 hingga 2,2 juta rupiah, kami menyerahkan pertimbangan pembelian seluruhnya ke tangan Anda.

Review Spesifikasi Acer Liquid Z630s, Ponsel Menengah Bawah Yang Kokoh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Autonomyca

0 comments:

Poskan Komentar