Review Spesifikasi HTC One E9s, Ponsel Kelas Atas Berdesain Elegan

Sebagai pabrikan yang mengeluarkan ponsel Android pertama dalam sejarah, HTC memiliki pangsa pasar yang relatif tinggi ketika awal kemunculan si robot hijau. Namun, seiring bertambahnya pesaing dan kemampuan pabrikan untuk menawarkan perangkat terjangkau dengan spesifikasi mumpuni, HTC pun semakin kesulitan. Meski begitu, pabrikan asal Taiwan ini tampak percaya diri dengan menelurkan perangkat kelas atas setiap tahunnya. Kali ini kami akan membahas review spesifikasi HTC One E9s yang dirilis pada kuartal akhir 2015 silam.

E9s adalah salah satu ponsel yang masuk dalam jajaran One milik HTC dan menargetkan pasar kalangan atas. Namun, harga perangkat ini tergolong sedikit lebih murah ketimbang One lainnya seperti M9 misalnya.
HTC One E9s. Sumber: NDTV
Dari segi tampilan, bahan plastik yang disematkan pada perangkat ini memang sedikit mengecewakan, karena tampak seperti perangkat kelas menengah ke bawah. Bahan plastik juga mengingatkan kita akan model HTC Desire 826 yang lebih tua. Namun, gaya rancangan khas HTC masih terlihat jelas dalam ponsel ini, yang terasa sangat ringkas, minimalis, namun modern.

Layar One E9s memiliki lebar 5,5 inci. Bagian depannya mengusung pengeras suara stereo dari BoomSound. Untungnya ketebalannya tidak terlalu mencolok sehingga masih dapat ditenggam secara nyaman dan ergonomis. Resolusi layarnya sendiri berada di angka 720p (HD). Meski tidak disebutkan secara resmi, namun pada beberapa situs toko online, disebutkan bahwa layar ini terbuat dari teknologi Amoled. Meski Amoled memiliki tingkat kecerahan yang lebih lebar dan dalam, dan kontras yang lebih baik, namun kami berpendapat bahwa resolusi layar untuk ponsel sekelas E9s sudah ketinggalan zaman.

Review Spesifikasi HTC One E9s


Khusus untuk 2015 silam, HTC memilih menggunakan prosesor MediaTek untuk beberapa perangkat papan atasnya. M9s dan E9s kebagian Helio X10 yang merupakan varian tertinggi. One E9s sebenarnya memiliki spesifikasi yang mirip dengan perangkat kelas menengah.

Selain prosesor Helio X10, ada pula RAM berkapasitas 2GB dan kartu grafis terintegrasi dari Mali-T760MP2. Penyimpanan internal sebesar 16GB dapat diperbesar hingga 128GB via microSD. Kedua lubang kartu SIM-nya sudah mendukung 4G LTE. Untungnya, lubang micro SD dan SIM kedua diusung secara terpisah sehingga tidak membuat dilema. Baterai yang menjadi tenaga One E9s memiliki besar 2600 mAh, dan dapat bertahan selama 11 jam 20 menit ketika digunakan dalam keadaan berat. Dalam penggunaan sehari-hari, perangkat ini dapat bertahan seharian penuh tanpa diisi ulang.

HTC One E9s memiliki kamera belakang dengan resolusi 13 megapiksel, dan lampu kilat tunggal. Di bagian depan ada kamera UltraPixel sebesar 4 megapiksel tanpa flash. Kamera UltraPixel ini pernah digunakan sebagai kamera belakang pada perangkat HTC era 2013-2014 namun kemudian dipindahkan menjadi kamera depan pada perangkat yang lebih baru. Kedua kamera dapat merekam video beresolusi Full HD.

Harga HTC One E9s


Dengan harga sekitar 4,6 juta rupiah, sebenarnya HTC One E9s memiliki spesifikasi ponsel yang setara dengan ponsel Tiongkok seharga 2 jutaan. Bahkan kompatriot mereka sendiri, Asus, mampu mengeluarkan ponsel dengan spesifikasi lebih tinggi namun dengan harga 1 juta rupiah lebih murah. Yang menjadi pertimbangan tentu saja adalah desainnya yang jauh lebih elegan dan nama besar HTC sebagai ponsel kelas elite.

Review Spesifikasi HTC One E9s, Ponsel Kelas Atas Berdesain Elegan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Autonomyca

0 comments:

Poskan Komentar