Review Spesifikasi Lenovo Vibe X3, Ponsel Fotografi Kelas Menengah

Lenovo secara “membabi buta” meluncurkan banyak model ponsel di bulan Januari 2016. Dalam tempo yang relative cepat, pabrikan Tiongkok ini mengeluarkan beberapa model yang memiliki spesifikasi khusus, seperti Vibe P1 yang memiliki baterai super besar, Vibe Shot untuk penggemar fotografi, Vibe S1 yang memiliki tampilan menawan, dan Vibe K4 Note untuk kalangan menengah ke bawah. Adapun Vibe X3 yang akan dibahas kali ini, memiliki rentang harga $200 atau sekitar 2,8 juta rupiah dan ditujukan untuk bersaing melawan ponsel dengan harga yang lebih mahal.

Secara sekilas, layarnya terkesan lebar karena dibentangi oleh garis putih tipis yang membatasi bagian atas dan bawah. Diatas lapisan layar, kamera depan beresolusi 8 megapiksel, lampu status LED, dan sensor, ada perlindungan Corning Gorilla Glass 3.

Lenovo Vibe X3. Sumber: NDTV
Di bagian belakang Anda akan melihat kamera utama beresolusi 21 megapiksel dan sensor sidik jari tepat dibawah lensanya. Kamera ini memiliki autofokus PDAF dan bukaan f/2.0. Video yang direkam dapat ditingkatkan resolusinya menjadi 4K lewat ubahsuaian pengaturan. Lenovo menjanjikan banyak fitur fotografi dalam ponsel ini, terutama yang berkaitan dengan isu perangkat lunaknya. Namun, kami tidak menemukan fitur apapun yang tergolong revolusioner dalam Vibe X3.

Sensor NFC pada ponsel ini baru dapat digunakan jika sistem pembayaran nirkabel sudah didukung di negara tempatnya dipasarkan. Adapun di sisi bawah pada bagian belakang, ada tampilan logo Dolby Atmos, yang menjadi pengeras suara dari Vibe X3, dengan ukuran relatif besar.

Lenovo secara lihai menyeimbangkan harga dan spesifikasi dapur pacunya. Vibe X3 diotaki oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 808 enam inti, satu tingkat dibawah 810 yang banyak dipakai oleh ponsel papan atas Android keluaran 2015. Prosesor ini terintegrasi dengan kartu grafis Adreno 418 dan RAM 3GB, yang seharusnya tidak membuat ponsel ini mengalami macet saat mengakses aplikasi berat. Kapasitas penyimpanan internal sebesar 32GB dapat ditingkatkan hingga 128GB via lubang SIM kedua yang juga berfungsi sebagai lubang microSD. Pada saat pertama kali digunakan, kapasitas penyimpanan kosongnya terhitung di angka 24,37GB.

Layar Lenovo Vibe X3 mengusung lebar 5,5 inci dengan resolusi Full HD (1080x1920 piksel). Memang, tergolong tertinggal dibandingkan ponsel golongan atas yang ditawarkan pabrikan lain, namun mengingat harganya yang relatif seimbang, mungkin inilah “pengurangan” yang dapat dilakukan oleh Lenovo demi menjaga anggaran pembeli. Layar ini dapat mereproduksi gamut warna NTSC hingga 100% dan tidak jenuh.


Konektivitas standar yang diusung diantaranya adalah 4G LTE kategori 6, Wi-Fi, Bluetooth, GPS, dan USB OTG yang memungkinkan pengguna menaruh lebih banyak berkas dalam penyimpanan micro USB. Kapasitas baterainya berada di angka 3500 mAh yang diperkirakan cukup untuk digunakan sehari penuh.

Review Spesifikasi Lenovo Vibe X3, Ponsel Fotografi Kelas Menengah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Autonomyca

0 comments:

Poskan Komentar