Review Spesifikasi Nextbit Robin, Ponsel Revolusioner Tanpa Penyimpanan Internal

Bagi Anda pengguna iPhone dengan ukuran penyimpanan internal minim tentu akan sering mengalami saat dimana Anda harus menghapus isi memori Anda karena sudah kelebihan muatan. Dan bukan hanya iPhone saja, ponsel Android pun terkadang mengalaminya, meski kebanyakan dapat diatasi dengan memasukkan microSD tambahan.

Semakin hari, peran kapasitas penyimpanan semakin krusial. Ini karena ukuran berkas seperti foto dan video yang semakin besar, karena resolusi sensor yang kini mencapai 8 dan 13 megapiksel pada umumnya. Berkas pekerjaan pun sering disimpan dalam perangkat ponsel.

Hal inilah yang coba ditangkal oleh Nextbit dengan menawarkan ponsel Robin. Dengan memanfaatkan penyimpanan awan (cloud), Nextbit tidak memerlukan penyimpanan internal sama sekali. Penggunapun tidak perlu repot-repot membuat akun di layanan penyimpanan pihak ketiga seperti Dropbox dan Mediafire, karena implementasi unggahan dan akses data awan dalam Robin terproses secara otomatis. Konsep penyimpanan awan seperti ini mungkin akan menjadi solusi di masa depan. Penasaran apa saja yang ditawarkan oleh ponsel tersebut? Simak ulasannya dalam review spesifikasi Nextbit Robin berikut ini.


Desain Perangkat


Nextbit mencoba melakukan pendekatan yang sifatnya “murni dan jujur” dalam ponsel Robin. Hasilnya, desain rangkanya pun terlihat seperti balok dengan sudut runcing layaknya sebuah batu bata. Warna yang ditawarkan pun terlihat cerah layaknya pastel, seperti merah, biru langit (mint), dan biru donker gelap (midnight).
Varian warna Nextbit Robin
Sensor sidik jarinya ditempatkan di sisi kanan, layaknya Sony Xperia terbaru. Di bagian bawah, ada lampu pemberitahuan putih yang disejajarkan dengan lubang USB tipe C. Panel belakangnya terbuat dari material polikarbonat dicampur kaca yang sangat lembut.

Namun, karena sudutnya yang murni 90 derajat, maka pengguna dengan tangan yang lebih kecil dan lembut akan merasa kesulitan untuk menggenggamnya.

Layar Nextbit Robin


Layarnya memiliki lebar 5,2 inci dengan resolusi Full HD (1080 piksel), dan masih dikelilingi dengan bezel hitam, sehingga ponsel ini tampak seperti memiliki dua bezel berlapis. Layar LCDnya tidak terlalu mentereng karena sedikit jenuh dan kurang cerah.

Namun, kelemahan pada layarnya dapat tertutupi karena spesifikasi perangkat lunaknya yang revolusioner. Android 6.0 Lollipop pada Nextbit Robin tampak mirip dengan desain antarmuka asli yang dirancang oleh Google. Tombol navigasinya menggunakan ikon lingkaran dan setengah lingkaran, sehingga membuat bingung pengguna Android lawas pada awalnya.


Piranti Lunak


Karena penyimpanannya yang mengandalkan layanan awan, maka pengguna hanya perlu mengkhawatirkan koneksi internetnya ketika mengunduh banyak berkas. Contohnya, Anda bisa mengunduh 100 aplikasi sekaligus ke dalam Nextbit Robin tanpa harus takut kekurangan kapasitas memori internal. Nextbit sendiri memberikan kapasitas 100GB secara cuma-Cuma kepada setipa pengguna, yang juga dapat diakses dari perangkat lain. Arsip di perangkat Anda akan diperbarui secara berkala sesuai keinginan. Meski diarsipkan, namun ketika pengguna ingin melihat berkas foto dalam ukuran aslinya misalnya, maka Nextbit tanpa kesulitan akan memuat gambar dari server mereka. (Unggahan video masih belum didukung oleh Nextbit dan direncanakan akan hadir pada kuartal mendatang.)

Kamera adalah salah satu kelemahan besar dalam Nextbit Robin. Meski memiliki sensor 13 MP dari Samsung, dan terkesan ciamik dalam situasi pencahayaan cerah, namun ketika berhadapan dengan pencahayaan gelap, kualitasnya nampak turun drastis. Mungkin nantinya hal ini dapat diatasi dengan pembaruan perangkat lunak kamera.


Review Spesifikasi Nextbit Robin


Robin mengusung prosesor Snapdragon 808 dengan ditemani RAM 3GB yang cukup untuk bermain game berat dan menonton acara Netflix dan streaming video HD. Kapasitas baterainya adalah 2680 mAh yang dapat bertahan selama 12 jam pemakaian normal. Meski memiliki kemampuan pengisian daya cepat (45% dalam 30 menit) dengan menggunakan kabel pengisi daya khusus USB tipe C (serupa MacBook 12), namun kabel tersebut tidak disertakan, dan harus dibeli dengan harga $10 (130 ribu rupiah).


Harga


Secara ritel, Nextbit Robin dijual dengan harga $399 (5,4 juta rupiah) di Amerika Serikat, dan dapat dikirim ke seluruh penjuru dunia dengan membeli langsung dari nextbit.com jika sedang tersedia.

Review Spesifikasi Nextbit Robin, Ponsel Revolusioner Tanpa Penyimpanan Internal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Autonomyca

0 comments:

Poskan Komentar