Review Spesifikasi OnePlus X, Ponsel Gaya Dengan Spesifikasi Mentereng

Melihat ponsel kelas menengah harga 3 jutaan, maka Anda pastinya akan berpikir tentang Asus ZenFone, Xiaomi Mi, Motorola Moto G, dan beberapa model Lenovo Vibe. Beberapa diantaranya memiliki fisik menawan namun kekurangan fitur konektivitas. Sebagian lagi memiliki fitur fisik yang lengkap namun memiliki kualitas finishing yang kurang. Hal ini dapat dimaklumi mengingat harganya yang harus ditekan demi menjaga spesifikasi dan kualitas internal.

OnePlus, pabrikan ponsel yang dikenal akan desain antarmukanya yang revolusioner dan harga terjangkau untuk spesifikasi papan atas, mengusung model terbaru. OnePlus X, demikian namanya, berpenampilan menarik sekaligus mengusung fitur yang berkemampuan tinggi. Bahkan dalam beberapa aspek, X mengungguli saudara tuanya, OnePlus 2 yang mengusung label harga lebih tinggi. OnePlus mengklaim X sebagai ponsel yang mencampuradukkan “desain yang menawan dengan kinerja level papan atas.”

Di bagian depan ada lapisan Corning Gorilla Glass 3 dan di bagian belakang “kaca anti gores ala-tembikar” yang menutupi rangka aluminium alloy yang mengusung gaya Art Deco. Tombol daya dan volumenya diberi tekstur bulatan radial.

Layarnya memiliki lebar 5 inci dengan bezel yang relatif minimal, sehingga tampak memenuhi seluruh tepi bagian depan. Ponsel ini juga dapat digenggam dengan satu tangan secara nyaman. Dan karena menggunakan sistem desain antarmuka OxygenOS, pengguna tidak perlu menjangkau ujung atas layar untuk membuka pemberitahuan dan pengaturan cepat. Dengan resolusi Full HD (1920x1080 piksel) dengan teknologi AMOLED, warna hitamnya menyatu secara sempurna dengan bezel, sementara warna putihnya seolah-olah mencoba keluar dari layar, sehingga tampak mengkilap.

Sementara itu, perangkat internalnya terkesan “menyatukan masa lampau dan masa kini.” Prosesornya menggunakan Snapdragon 801 empat inti, yang dikenal sebagai prosesor termutakhir Qualcomm zaman 2014/15. RAM-nya berada di angka 3GB, sementara penyimpanan internalnya 16GB (11,5 bebas). Kapasitas ini dapat ditingkatkan menjadi 128GB via microSD. Kedua lubang SIMnya sudah mengusung 4G LTE. Sayangnya, OnePlux X masih belum mendukung teknologi NFC.

OnePlus X mengusung OxygenOS 2.1.2 yang merupakan hasil kustomisasi Android 5.1.1 yang juga dipakai pada OnePlus 2. OnePlus X juga menawarkan fitur Ambient Display ala Google Nexus yang sudah direka ulang.

Untuk urusan kamera, OnePlus X memiliki resolusi yang sama dengan OnePlus 2, yakni 13 megapiksel di bagian belakang. Namun kemiripannya cuma sampai disitu. Alih-alih menggunakan sensor OmniVision milik 2, OnePlus memilih menggunakan modul ISOCELL dari Samsung yang serupa dengan sensor pada Oppo R7. Kameranya memiliki bukaan f/2.2 namun tidak menyertakan Optical Image Stabilization. Hasilnya, kamera X dapat memproduksi hasil jepretan yang detail dan renyah dalam pencahayaan cerah. Namun, kamera ini mengalami penurunan drastis jika berhadapan dengan cahaya redup.

OnePlus X dijual dengan harga $250 atau sekitar 3,8 juta rupiah. Seperti lazimnya kebiasaan OnePlus, pembeliannya dilakukan dengan sistem undangan, sehingga terkesan ekslusif. Undangan ini dapat dilihat sewaktu-waktu pada akun jejaring sosial perusahaan, serta daftar undangan di situs resmi mereka.

Harga diatas hanya berlaku untuk OnePlus X Onyx (berbahan kaca). Untuk edisi bahan keramik, harganya melambung menjadi 5,6 juta rupiah, namun dijual secara terbatas (sudah habis).

Review Spesifikasi OnePlus X, Ponsel Gaya Dengan Spesifikasi Mentereng Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Autonomyca

0 comments:

Poskan Komentar