Review Spesifikasi Yu Yutopia, Ponsel Bercitarasa Premium

Ponsel terbaru Yu Yutopia sering digadang-gadang sebagai “Ponsel terkuat di dunia” oleh sang pabrikan sendiri, saat berusaha untuk memasuki pasar yang sudah lebih dahulu dikuasai oleh pabrikan papan atas. CEO Yu Televentures, Rahul Sharma mengatakan bahwa pihaknya tidak ragu untuk bersaing langsung dengan pabrikan sekelas Apple dan Samsung saat membeberkan debut ponsel ini 2 minggu lalu.

Jelas, Yu menawarkan solusi yang sama seperti OnePlus dan Xiaomi, yakni “pembunuh ponsel papan atas” yang berbiaya kelas menengah, sehingga Anda tidak perlu menggelontorkan uang dalam jumlah besar untuk menikmati ponsel kelas premium. Masalahnya, apakah klaim ini dapat dipertanggungjawabkan? Simak review spesifikasi Yu Yutopia terbaru dalam ulasan berikut.
Yu Yutopia dalam genggaman. Sumber: Youtube
Rangka aluminium dan magnesium adalah salah satu daya tarik dalam ponsel ini. Kesannya terlihat sangat premium dan kokoh. Bobotnya cenderung tipis namun sedikit berat.

Bagian depannya didominasi oleh layar 5,2 inci dengan resolusi Quad HD (2560 x 1440) dan dilapisi Corning Concore Glass. Lapisan perlindungan ini mirip seperti Gorilla Glass, namun lapisannya terdiri dari panel tunggal. Reproduksi warna dan sudut pandangnya terlihat baik meski terpapar sinar matahari langsung. Hal ini berkat trik perangkat lunak yang disematkan oleh Yu ke dalamnya.

Yu Yutopia dipaketkan dengan sebuah kabel transfer yang mendukung teknologi Qualcomm Quick Charge 2.0 untuk mempercepat durasi pengisian daya. Secara keseluruhan, fisik ponsel ini terasa sedikit besar dan berat jika digenggam dengan satu tangan, dan sedikit licin karena teksturnya yang lembut. Karenanya, Yu Yutopia juga sering kali menangkap jejak sidik jari.

Di bagian dapur pacu, ada prosesor Qualcomm Snapdragon 810 yang merupakan chip tercanggih di tahun 2015, RAM LPDDR4 sebesar 4GB, dan penyimpanan internal sebesar 32GB yang dapat diperbesar via microSD hingga 128GB. Konektivitas lainnya termasuk Wi-Fi, Bluetooth 4.1, GPS, dan USB OTG. Sayangnya perangkat ini tidak menyertakan NFC dan pengisian daya nirkabel. Yu Yutopia ditenagai oleh baterai berkapasitas 3000 mAh permanen.

Perangkat ini menjalankan Cyanogen OS 12.1 yang merupakan hasil kustomisasi Android 5.1.1 Lollipop. Namun jangan khawatir, Yutopia diprediksi akan segera mendapat pembaruan ke Marshmallow dalam beberapa waktu ke depan. Sistem Cyanogen menampilkan status perangkat yang lebih akurat, seperti contoh, kondisi jaringan dan Wi-Fi. Meski begitu, tampilannya tidak terlihat serapi Nexus dan Oxygen OS buatan pesaingnya, OnePlus.

Beralih ke kamera, di bagian belakang ada sensor beresolusi 21 megapiksel yang secara rapi menangkap detil gambar baik dari jarak dekat maupun lanskap. Di dalamnya terdapat pengaturan lampu kilat, keseimbangan warna, serta mode penangkapan gambar. Adapun fitur ‘Zero shutter lag’ memungkinkan Anda mengabadikan gambar tanpa macet. Sayangnya ponsel ini tidak menyertakan mode burst ataupun pro untuk menyimpan gambar dalam bentuk RAW. Di bawah sensor kamera terdapat sensor sidik jari yang bila ditekan dapat membuka kuncian ponsel tanpa harus menekan tombol daya.

Di bagian depan ada kamera 8 megapiksel yang secara mengejutkan dapat mengambil gambar selfie dengan sangat detil, baik di dalam maupun luar ruangan.


Secara keseluruhan, Yu Yutopia adalah ponsel “bercita rasa premium” yang patut diacungi jempol meski banyak memiliki kekurangan futuristik. Meski begitu hal ini dapat dimaklumi karena harganya yang memang menyasar menengah atas, yakni 5 juta rupiah. Jadi, jika Anda ingin mencari alternatif Galaxy S6 atau Xperia Z4 dengan harga yang lebih murah, ponsel ini mungkin layar jadi pertimbangan.

Review Spesifikasi Yu Yutopia, Ponsel Bercitarasa Premium Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Autonomyca

0 comments:

Poskan Komentar