Review Spesifikasi dan Harga HTC One A9, Bodi dan Harga Premium



HTC bisa disebut adalah pabrikan yang aneh. Dulu sekali, raksasa asal Taiwan tersebut sering mengeluarkan ponsel One series yang begitu inovatif. Contoh paling fenomenal adalah HTC One M8. Namun, dua tahun belakangan, HTC tampak kekurangan gebrakan dan terjebak dalam situasi tidak menguntungkan.

HTC One A9 adalah usaha terbaru dari pencetus ponsel Android tersebut untuk merebut hati pasar. Atau lebih spesifiknya, hati pasar yang menginginkan ponsel berdesain premium. Spesifikasinya memang tidak terlalu “wah” dan harganya pun akan membuat Anda berpikir dua kali, namun banyak hal yang bisa diunggulkan perangkat ini. Berikut ulasannya.
HTC One A9. Sumber: Phone Arena
Seperti yang banyak diberitakan oleh media, rancangannya benar-benar mirip dengan Apple iPhone 6. Bagian layar kaca depan, panel besi belakang, garis antenna, dan kamera belakang yang menyembul keluar. Di bagian kanan ada tombol volume dan daya. Sedangkan di bagian depan ada pemindai sidik jari dan lampu indikator LED. Di bagian bawah ada lubang micro USB, pengeras suara, dan headphone jack.

Layar


One A9 mengusung layar 5 inci AMOLED dengan resolusi 1920 x 1080 piksel (kepadatan 441 ppi). Layaknya ponsel buatan Samsung dan pabrikan pengusung AMOLED pada umumnya, kepadatan dan “kerenyahan” layarnya sangat terasa namun kurang cerah dan memiliki saturasi warna yang sedikit melenceng. Tidak buruk memang, namun tidak pula memuaskan mengingat harga perangkatnya.

Spesifikasi HTC One A9


Berbicara mengenai jeroan internal, Anda tidak akan menemukan kejutan apa-apa. Lebih tepatnya, Anda akan menemukan spesifikasi khas perangkat kelas menengah yang biasa dijual dengan harga 2-3 jutaan.
Prosesornya sendiri mengusung Qualcomm Snapdragon 617 yang dipadukan dengan RAM 2 atau 3 GB, serta penyimpanan internal 16 atau 32 GB. Selain itu, ada lubang kartu microSD dan satu buah lubang SIM.

Perangkat Lunak


HTC One A9 menjalankan Android 6.0 Marshmallow dengan dibalut Sense 7 UI. Desain antarmuka HTC tidak terlalu banyak berbeda dengan desain asli yang biasa Anda temukan pada perangkat Nexus. Anda dapat memanfaatkan Home Widget untuk mengakses kelompok aplikasi yang biasa Anda gunakan ketika sedang berada di tempat tertentu. Misalnya, YouTube dan WhasApp ketika berada di angkutan umum, atau email dan penyimpanan awan ketika berada di kantor.

Kamera


Di bagian belakang ada kamera 13 megapiksel dengan bukaan f/2.0. Fitur Optical Image Stabilisation dan lampu kilat LED gandanya akan membuat gambar yang dihasilkan di bawah cahaya matahari menjadi detail. Namun ketika masuk ke pencahayaan gelap, gambarnya terasa berbintik.

HTC One A9 hanya dibekali dengan baterai 2150 mAh yang mana tergolong jauh dibawah rata-rata ponsel 5 inci zaman 2016 yang mengusung 3000 mAh keatas. PCMark 8 mencatat baterai perangkat ini hany bertahan selama 5 jam 49 menit, dimana rata-rata ponsel 5 inci bertahan selama 7 jam. Namun, fitur QuickCharge 2.0 bisa dianggap sebagai penolong karena dapat mengisi daya dari 0 ke 100 persen dalam waktu 1,5 jam.

Harga


Inilah yang menjadi isu terbesar HTC. Dengan harga sekitar 6,4 juta rupiah, dan spesifikasi kelas 2-3 jutaan, perangkat ini semata-mata memang ditujukan bagi mereka yang berkantong tebal dan menginginkan tampilan papan atas.

Review Spesifikasi dan Harga HTC One A9, Bodi dan Harga Premium Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Autonomyca

0 comments:

Poskan Komentar