Review Spesifikasi Oppo F1, Ponsel Khusus Selfie

Oppo pertama kali meluncurkan model ponsel F series mereka pada Januari silam. Oppo F1 adalah perangkat debutannya. Semua model yang dirilis dengan nama F akan memiliki keunikan tersendiri di bagian kameranya. Oppo F1 khususnya, memiliki fitur yang akan memanjakan pecinta selfie.

F1 memiliki keunggulan di bagian kamera depan dengan bukaan yang lebar dan perangkat lunak bawaan yang akan memungkinkan Anda mengambil gambar selfie sesempurna mungkin.

Desain Perangkat


Dari segi desain dan sentuhan akhir, Oppo F1 tergolong berkelas. Sasis besinya terasa sangat premium dan berbobot ringan, yakni sekitar 134 gram. Ponsel ini sangat nyaman digenggam oleh kebanyakan pengguna, dengan tombol fisik yang ditempatkan secara ergonomis di sisi-sisinya. Lubang pengeras suara ditempatkan di bagian bawah.
Oppo F1. Sumber: GSM Arena

Di bagian depan, ada layar IPS 5 inci yang terlihat mentereng di dalam ruangan namun sedikit silau di bawah sinar matahari. Layar ini dilapisi oleh Corning Gorilla Glass 4 untuk menambah daya tahannya.

Review Kamera Oppo F1


Kamera belakangnya memiliki resolusi 13 megapiksel dengan bukaan f/2.2 dan lampu kilat LED tunggal. Ketika mengambil gambar makro dan lanskap, kamera ini menjalankan fungsinya dengan baik. Namun yang menjadi daya tarik utama dari ponsel ini adalah kamera depannya yang memiliki resolusi 8 megapiksel dengan bukaan yang lebih lebar ketimbang kamera belakangnya. Gambar selfie yang ditangkap sangat detail meski pencahayaannya yang sedikit kurang. Pengguna dapat memanfaatkan cahaya ponsel ketimbang lampu kilat untuk memberi efek terang pada wajah.

Review Spesifikasi Oppo F1


Oppo membekali perangkat ini dengan prosesor Snapdragon 616 keluaran terbaru. Otak komputer ponsel buatan Qualcomm ini memiliki delapan inti dan hampir mirip dengan prosesor Snapdragon 615 yang lazim ditemui di ponsel keluaran 2014-2015. Namun, kecepatannya sedikit lebih kencang, dengan perbedaan 0,2 GHz.

Selain itu, ada RAM sebesar 3GB, kapasitas internal 16GB yang dapat diperluas hingga 128GB via microSD, dan 4G LTE. Untuk urusan konektivitas Oppo F1 dibekali dengan Wi-Fi, Bluetooth, USB OTG, dan GPS. Sayangnya ponsel ini tidak dibekali dengan NFC, walaupun memang belum dibutuhkan di pasar Indonesia.

Perangkat ini menjalankan Android Lollipop dengan kustomisasi ala Oppo yang diberi nama Color OS (2.1). Desainnya dapat diutak-atik dengan pengaturan efek dan tema yang berbeda. Beberapa perangkat lunak bawaan diantaranya adalah Security Center untuk mengawasi penggunaan data dan menyegarkan perangkat, O-Cloud sebagai layanan penyimpanan awan, Kingsoft Office untuk menyunting dokumen dan spreadsheets, serta Theme Store untuk mengutak-atik tampilan ponsel.

Oppo F1 ditawarkan adalam warna Gold dan Rose Gold namun bagian depannya tetap berwarna putih. Lubang SIM-nya ditempatkan di bagian kanan, dimana lubang kedua berfungsi secara hybrid (SIM atau micro SD). Kapasitas baterainya adalah 2500, yang mana jauh lebih kecil ketimbang perangkat menengah ke atas era 2016. Dalam situasi pemakaian multimedia, perangkat ini dapat bertahan sekitar 9 jam. Ketika digunakan secara normal, baterainya dapat bertahan seharian.

Review Spesifikasi Oppo F1, Ponsel Khusus Selfie Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Autonomyca

0 comments:

Poskan Komentar