Tips Menghemat Daya Baterai agar Tahan Lama

Konsumsi daya baterai yang boros rupanya masih menjadi masalah utama untuk perangkat smartphone berbasis Android. Saat ini sudah banyak sekali model smartphone Android yang canggih dan dibanderol dengan harga mahal namun hanya dapat dipakai selama beberapa jam saja karena baterai tidak tahan lama. Orang-orang sudah sangat bergantung pada perangkat smartphone untuk berbagai keperluan baik itu pekerjaan utama ataupun bisnis sampingan. Sangatlah beruntung jika Anda saat ini sudah menggunakan smartphone dengan kapasitas baterai yang memadai sehingga tidak perlu khawatir akan kehabisan daya meski sering digunakan seharian. Bagi Anda yang masih menggunakan baterai berkapasitas pas-pasan, bisa menyimak beberapa tips menghemat daya tahan baterai Android berikut ini.

Baterai Tahan Lama


Mematikan Wi-Fi, Bluetooth dan GPS ketika tidak diperlukan

Unjtuk melakukannya, masuk ke notification bar dan pilih opsi quick settings. Pada menu quick settings ini terdapat opsi cepat untuk menyalakan dan mematikan Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS. Namun, menu quick settings ini hanya terdapat pada OS Android versi 4.0 Ice Cream Sandwich CS ke atas. Bagi pengguna Android versi Gingerbread ke bawah, bisa menggunakan aplikasi Power Control atau yang sejenis.


Mematikan smartphone saat tidur

Beberapa stock ROM Android mempunyai fitur untuk menyalakan dan mematikan perangkat secara otomatis dan Anda tinggal mengatur waktunya saja. Cara ini dapat dimanfaatkan terutama bagi Anda yang memang tidak ingin terganggu sama sekali saat waktu tidur.


Mengaktifkan Mode Pesawat Terbang (Airplane/Flight Mode)

Ketika berada pada mode ini, semua konektifitas wireless seperti sinyal GSM/CDMA, Bluetooth, Wi-Fi akan dinonaktifkan. Otomatis Anda tidak akan bisa menerima panggilan telepon atau menerima pesan SMS/email ketika mode ini diaktifkan.

Mematikan Jaringan 3G ketika tidak diperlukan

Ubah jaringan pada perangkat Android menjadi 2G/GPRS/EDGE ketika jaringan 3G tidak tersedia atau tidak terjangkau. Jika memang sedang tidak benar-benar memerlukan koneksi internet yang cepat, disarankan untuk menggunakan jaringan 2G (EDGE/GPRS) saja karena akan membuat baterai Android tidak cepat habis.


Uninstall Aplikasi-Aplikasi yang Tidak/Jarang Dipakai

Untuk memeriksa aplikasi apa saja yang sudah terinstal pada perangkat Anda, bisa masuk ke menu Settings => Apps => Downloaded. Sortir aplikasi yang memang jarang sekali dipakai, dan kemudian hapus/uninstall aplikasi tersebut. Perlu diingat bahwa beberapa aplikasi bawaan sistem tidak akan bisa dihapus terkecuali perangkat Anda sudah di-root. Solusinya, Anda bisa disable aplikasi bawaan sistem tersebut untuk meminimalisir konsumsi daya baterai Android.

Non-aktifkan fitur Auto Brightness

Disarankan untuk mengatur kecerahan layar secara manual saja. Fitur auto-brightness pada layar akan membuat baterai Android lebih boros karena sistem akan melakukan deteksi cahaya secara terus menerus dan memakan banyak sekali daya.

Itulah beberapa tips menghemat daya tahan baterai Android agar Anda bisa semakin berlama-lama menggunakan smartphone Android untuk berbagai keperluan.

Tips Menghemat Daya Baterai agar Tahan Lama Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yoga Wahyu Aji

0 comments:

Poskan Komentar